Analisis Pengelolaan Kewirausahaan Strategis pada UKM Kuliner Kota Bogor.
Abstract
Pertumbuhan jumlah UKM di Kota Bogor menghadirkan persaingan bisnis yang semakin ketat dan menuntut para pelaku usaha untuk lebih strategis dan kompetitif dalam menjalan usahanya dengan memanfaatkan peluang usaha. Oleh karena itu perlu mengadopsi model kewirausahaan strategis yang mengintegrasikan kemampuan mengenali peluang (opportunity-seeking) dengan pencarian keunggulan bersaing (advantage-seeking) untuk bisa bertahan dalam lingkungan dinamis, kompleks, dan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan pengelolaan kewirausahaan strategis pada UKM kuliner Kota Bogor, menganalisis pengaruh antar element input, proses dan output model kewirausahaan strategis. Metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menujukkan pengelolaan kewirausahaan strategis pada UKM kuliner Kota Bogor sudah berada pada kondisi yang baik. Faktor lingkungan, organisasi dan individu berpengaruh terhadap proses orchestrasi sumberdaya, dan proses kewirausahaan strategis mempengaruhi penciptaan keunggulan bersaing, penciptaan kekayaan, serta manfaat bagi invidu, organisasi dan masyarakat.
Collections
- UT - Management [3443]