Analisis Kewirausahaan Strategis Sektor Bisnis Ritel di Kota Bogor.
Abstract
Pertumbuhan ritel sebagai salah satu mata rantai distribusi terpenting dalam siklus pendistribusian produk menjadi peluang besar bagi pelaku usaha ritel. Disisi lain, pertumbuhan ritel juga menghadirkan persaingan bisnis yang semakin meningkat sehingga perlu untuk merancang perencanaan yang strategis. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah kewirausahaan strategis yang menggabungkan dua teori yaitu strategi manajemen dan kewirausahaan untuk memaksimalkan peluang dengan menciptakan daya saing dalam proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik ritel di Kota Bogor, faktor-faktor kewirausahaan strategis dan pengaruh antar segmentasi Input-Proses-Output dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa wawancara secara langsung dan pengisian kuesioner serta data sekunder menggunakan studi literatur dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan ritel modern di Kota Bogor termasuk kedalam perintisan usaha. Terdapat 6 faktor kewirausahaan strategis yaitu faktor lingkungan, sumberdaya organisasi, sumberdaya individu, orkestrasi sumberdaya, penciptaan nilai dan keunggulan bisnis, dan penciptaan kekayaan dan manfaat lainnya. Variabel yang memiliki pengaruh positif dan paling signifikan adalah penciptaan nilai dan keunggulan bisnis. Variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu sumberdaya individu.
Collections
- UT - Management [3354]