Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Mie Samyang terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Wilayah Jabodetabek
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang semakin tinggi berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan pangan, salah satunya mie instan. Mie Samyang merupakan salah satu makanan instan impor yang memasuki pasar Indonesia. Strategi pemasaran yang tepat diperlukan untuk memasuki pasar dengan banyaknya pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ekuitas merek pada produk mie Samyang, mengidentifikasi minat beli ulang konsumen pada produk mie Samyang, serta menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli ulang konsumen pada produk mie Samyang. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan data yang diperoleh diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek memiliki pengaruh positif terhadap minat beli ulang dengan tiga dimensi yang berpengaruh secara signifikan yakni asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek.
Collections
- UT - Management [3476]