Faktor-Faktor yang Memengaruhi Impulse Buying Makanan dan Minuman pada GrabFood
Abstract
Perkembangan teknologi secara pesat di era globalisasi menyebabkan tren gaya hidup masyarakat di Indonesia mengalami perubahan. Kemudahan teknologi dan komunikasi telah merubah fenomena perilaku belanja sebagian masyarakat secara langsung (offline) bergeser ke pola belanja melalui aplikasi dalam jaringan (online). Salah satunya adalah pola konsumsi masyarakat khususnya persoalan makanan, dimana masyarakat membeli makanan melalui aplikasi menggunakan smartphone. GrabFood merupakan salah satu aplikasi pesan-antar makanan secara online yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi impulse buying makanan dan minuman pada GrabFood. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden yang pernah melakukan pembeli tidak terencana (impulse buying) makanan dan minuman di Grabfood dan berdomisili di Jabodetabek. Metode analisis yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan bantuan program Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan promosi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap impulse buying di GrabFood.
Collections
- UT - Management [3354]