Manajemen Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi di Institut Pertanian Bogor
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan SDGs dengan pondasi
utamanya yaitu pendidikan. Pada bidang pendidikan permasalahan akademik menjadi penyebab
umum stres bagi mahasiswa terkhusus dalam menyusun tugas akhir. Tujuan dari penelitian ini (1)
Mengetahui gejala stres yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi (2)
Mengetahui faktor stres mahasiswa tingkat akhir (3) Menentukan alternatif pengelolaan stres pada
mahasiswa tingkat akhir dalam persiapan penyusunan skripsi. Jenis data dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif, dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode
yang digunakan adalah analisis deskriptif degan menggunakan modus dan analisis faktor. Hasil
penelitian menyatakan mahasiswa IPB angkatan tahun masuk 2016 merasakan stres selama
persiapan penyusunan skripsi dengan gejala yang dirasakan dari segi fisik yaitu mudah lelah dan
jantung berdebar-debar. Faktor yang paling berkontribusi dalam stres mahasiswa adalah data
analysis method. Alternatif pengelolaan stres mahasiswa seperti memaksimalkan layanan
konseling, melaksanakan pojok konseling, manajemen waktu, menetapkan jadwal bimbingan
dengan dosen pembimbing, membuat target kelulusan dan pencarian dukungan sosial.
Collections
- UT - Management [3443]