Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Forum Online Female Daily terhadap Minat Beli Produk Kosmetik
View/ Open
Date
2020Author
Sari, Indri Amanda
Adrianto, Mokhamad Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Electronic word of mouth penting bagi konsumen untuk memberikan opini
positif ataupun negatif dan dianggap lebih efektif daripada word of mouth
tradisional karena tingkat aksesibilitas dan jangkauannya yang lebih luas. Female
Daily Network sebagai beauty review platform mampu menjadi sumber informasi
dengan konten seputar review produk kosmetik, inspirasi makeup, inspirasi fashion,
tempat belanja dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
karakteristik member Female Daily Network dan pengaruh electronic word of
mouth pada Female Daily Network terhadap minat beli produk kosmetik. Teknik
penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel expressing positive emotion, platform
assistance, advice seeking dan social benefit berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase intention. Variabel venting negative feeling dan concern for
other consumer tidak berpengaruh terhadap minat beli.
Collections
- UT - Management [3354]