Faktor-faktor yang Memengaruhi Awareness Produk Makanan Instan Impor Berlabel Halal Bagi Mahasiswa S1 IPB
Abstract
Populasi muslim dunia meningkat setiap tahunnya. Indonesia dengan populasi penduduk muslim terbesar menjadikannya memiliki potensi pangsa pasar halal terbesar. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang menganut sistem perekonomian terbuka, maka melakukan ekspor dan impor produk. Salah satu konsumennya adalah mahasiswa program sarjana (S1) IPB yang merupakan universitas lima besar terbaik di Indonesia. Tujuan dari penelitian menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi awereness produk makanan instan impor berlabel halal bagi mahasiswa S1 IPB. Teknik pengambilan contoh pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan responden 68 orang. Metode pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi awareness pada produk makanan instan impor halal secara keseluruhan adalah halal certification, health reason, dan religious belief dengan tingkat awareness termasuk pada kategori cukup/moderat.
Collections
- UT - Management [3476]