Analisis Faktor yang Berkontribusi dalam Pengembangan Wisata Halal dari Sudut Pandang Wisatawan di Jabodetabek
Abstract
Tren produk halal mengalami perluasan dari makanan hingga lifestyle, yakni pariwisata
halal. Perkembangan pariwisata halal didorong oleh pasar muslim yang besar di dunia.
Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar memanfaatkan peluang ini
untuk mengembangkan sektor pariwisata. Lembaga otoritas wisata halal yakni
CrescentRating memberikan penghargaan Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik
pertama pada kategori negara OKI. Jakarta merupakan daerah wisata halal terbaik nomor
empat se-Indonesia yang dalam pembangunannya memiliki rantai koordinasi dengan
daerah di sekitarnya yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jabodetabek
berkontribusi besar pada perekonomian negara sehingga perlu adanya perkembangan
pariwisata di Jabodetabek. Oleh karena itu, perlu adanya penyesuaian kebutuhan
wisatawan guna meningkatkan daya tarik wisata. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi karakteristik wisatawan serta menganalisis faktor yang berkontribusi
pada pengembangan wisata halal melalui 46 indikator wisata halal. Data dianalisis dengan
menggunakan alat analisis faktor melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat 11 faktor baru yang terbentuk dari sudut pandang wisatawan nusantara dan
14 faktor baru yang terbentuk dari sudut pandang wisatawan mancanegara sehingga
menunjukkan adanya perbedaan antara wisatawan dalam praktik wisata halal.
Collections
- UT - Management [3354]