Pengaruh Awareness, Trial, dan Preference Terhadap Purchase Intention dan Purchase Decision Produk Apple di Jabodetabek.
View/ Open
Date
2020Author
Sidarta, Desak Putu Enka Yunita
Munandar, Jono M
Septiani, Stevia
Metadata
Show full item recordAbstract
Apple adalah suatu merek yang berada di posisi kedua Most Valuable Brand
tahun 2019. Sebelum konsumen memutuskan membeli Apple, maka konsumen
dipengaruhi oleh beberapa variabel yaitu awareness, trial, dan preference.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh awareness, trial, dan
preference terhadap purchase intention dan purchase decision produk Apple di
Jabodetabek. Penelitian ini menetapkan pengguna produk Apple di Jabodetabek
sebagai populasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive
dan quota sampling dan pengambilan sampel dengan snowball sampling dan
convenience sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer (kuisioner)
dan data sekunder (studi literatur). Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan SEM PLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa
sebagian besar variabel berpengaruh terhadap purchase intention dan purchase
decision yaitu awareness dan preference berpengaruh terhadap keduanya, namun
trial hanya berpengaruh terhadap purchase intention saja. Awaraness memiliki
pengaruh paling tinggi pada purchase intention sebesar 0.338 dan preference adalah
variabel eksogen yang memiliki pengaruh paling tinggi pada purchase decision
yaitu sebesar 0.223.
Collections
- UT - Management [3354]