Modifikasi Model Serupa Kuantum Asano-Ohya- Khrennikov Pada Proses Pengambilan Keputusan dalam Two-Player Game
View/ Open
Date
2020Author
Muthoharoh, Luluk
Alatas, Husin
Hardhienata, Hendradi
Metadata
Show full item recordAbstract
Model serupa kuantum dapat digunakan untuk menjelaskan proses
pengambilan keputusan dan efek pemisahan dalam percobaan psikologi kognitif.
Secara khusus, di sini dihasilkan data statistik dari percobaan menggunakan
permainan otak prisoner’s dilemma (PD) yang diperoleh dan menyebut Allice dan
Bob sebagai orang yang memainkan permainan tersebut. Model serupa kuantum
dalam pengambilan keputusan dari model Busemeyer di prisoner’s dilemma
ternyata analog dengan model kuantum untuk atom hidrogen. Namun, penelitian
Asano et al belum mencantumkan fenomena nonlinearitas. Fenomena
nonlinearitas sendiri dalam ilmu Fisika banyak ditemukan di alam, dari skala nano
ke skala geofisika termasuk dinamika fluida dalam pengaturan lingkungan,
perilaku biologis mulai dari sel dan virus untuk dinamika kolektif hewan manusia,
aplikasi rekayasa yang melibatkan interaksi agen otonom dengan lingkungan,
serta osilasi amplitude yang besar. Sehingga perlu dilakukan pengembangan
model serupa kuantum untuk fungsi pengambilan keputusan oleh otak dengan
menambahkan suku nolinear berupa suku interaksi silang (cross interaction) dan
suku interaksi dengan dirinya sendiri (self interaction)... dst