Evaluasi Model Bisnis Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru dengan Pendekatan Business Model Canvas
View/ Open
Date
2020Author
Ramadhan, Rizal Fahmi
Maryono
Sarianti, Tintin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru merupakan salah satu desa wisata di
Kabupaten Bogor. Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru belum bisa mencapai
target sesuai dengan rencana strategis yang telah dibuat dalam pelaksanaan
bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model bisnis saat ini
dan mengevaluasi model bisnis dengan pendekatan business model canvas.
Responden dalam penelitian ini ada dua orang dari pihak internal Kampoeng
Wisata Bisnis Tegalwaru, yaitu pendiri dan bagian koordinator acara. Metode
analisis bersifat kualitatif, yang terdiri atas analisis deskriptif. Analisis deskriptif
diolah berdasarkan elemen model bisnis kanvas. Penelitian ini menghasilkan
identifikasi model bisnis yang sedang berjalan dan evaluasi model bisnis.
Rekomendasi yang dihasilkan dari evaluasi model bisnis yaitu; 1) perbaikan pada
elemen channels berupa pengoptimalan website dan media sosial, 2) kegiatan
pemasaran ditambahkan pada elemen key activities, dan 3) pengoptimalan
anggaran pada elemen cost structure.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]