Perancangan Model Bisnis ‘SahabatBuku.com’: Digitalisasi Donasi Buku dalam Bentuk E-charit
Abstract
Era digital membuat penyaluran donasi buku menjadi lebih mudah. Kemudahan ini
berbanding lurus dengan belum meratanya ketersediaan buku di Indonesia. Hal ini
dapat diatasi dengan platform donasi khusus kebutuhan buku yang dirancang
menggunakan kanvas model bisnis dengan metode customer discovery. Tujuan dari
penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi permasalahan konsumen dalam
penyaluran donasi khusus kebutuhan buku, (2) merancang solusi produk yang dapat
memecahkan masalah dan kebutuhan konsumen, dan (3) mendapatkan model bisnis
yang tepat untuk mencapai product-market-fit. Hasil akhir dari penelitian ini adalah
kanvas model bisnis terverifikasi yang didapatkan dari wawancara mendalam calon
konsumen. Variabel kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan prototype
awal website donasi kebutuhan buku perlu ditingkatkan agar menghasilkan
prototype yang sesuai dengan pengguna.
Collections
- UT - Business [423]