Opinion Analytics untuk Penilaian Proyek Mata Kuliah Teknik Multimedia di Sekolah Vokasi IPB
View/ Open
Date
2019Author
Hassolthine, Cian Ramadhona
Djatna, Taufik
Hardhienata, Medria Kusuma Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Opinion analitiks merupakan bagian dari text mining yang melakukan
ekstraksi dan pengolahan data tekstual secara otomatis untuk mendapatkan
informasi sentimen dalam suatu kalimat opini yang dianalisis. Opinion analitiks
dapat melihat kecenderungan opini bersifat negatif atau positif. Penampungan opini
civitas akademika. Dalam penilaian pelaksanaan mata kuliah menjadi hal yang
utama begitu pula opini mahasiswa. Penampungan opini mahasiswa terkait topik
tertentu akan menimbulkan implikasi yang berbeda-beda dengan jumlah yang
banyak. Pengolahan opinion analitiks memerlukan teknik analisis sentimen untuk
menentukan agregasiopini mahasiswa. Opini mahasiswa dapat memberikan
dukungan perbaikan terkait proses kegiatan pembelajaran di Universitas.
Tugas proyek mata kuliah Teknik Multimedia merupakan hal yang sangat
penting, karena memiliki bobot penilaian yang cukup besar dibanding dengan tugas
lainnya. Tugas proyek tersebut dikerjakan dari pertemuan pertama sampai
pertemuan ke dua belas. Proses pembelajaran memiliki beberapa kendala berupa
kapasitas kelas praktikum mahasiswa yang cenderung besar, cara penyampaian
materi dari Asisten/Dosen kurang jelas secara verbal, beban capaian pertemuan
dengan materi yang cukup banyak disampaikan dan mahasiswa kurang fokus
untuk tahapan tugas proyek akhir
Pada riset ini opini semua peserta didik mata kuliah teknik multimedia
diambil dari isi Twitter. Data tersebut adalah data teks yang besar dan tidak
terstruktur. Penelitian ini, terdapat 769 opini dari mahasiswa Manajemen
Informatika menggunakan algoritme Rocchio. Hasil dari klasifikasi terdapat tiga
kelas opini, yaitu kelas positif sebanyak 295, kelas negatif sebanyak 298 dan kelas
netral sebanyak 176. Output pada riset ini ditentukan berdasarkan rubrik penilaian
untuk setiap kata yang telah diklasifikasikan pada Tabel 5. Riset ini menunjukkan
bahwa model mampu memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelaksanaan
penilaian proyek mata kuliah teknik multimedia di Sekolah Vokasi IPB. Perlu
penyusunan apps mobile dari model yang sudah dikembangkan untuk
mempermudah tim pengajar melihat rekomendasi secara real-time. Penelitian
selanjutnya difokuskan pada penyusunan apps mobile dari model yang sudah
dikembangkan.