Analisis Strategi Pemasaran pada Perusahaan Jasa Transportasi Borneo Trans di Kota Tasikmalaya
Abstract
Borneo Trans merupakan perusahaan transportasi mikro bus yang bergerak
dalam bidang pelayanan jasa transportasi penumpang antar kota di Jawa Barat.
Penelitian ini bertujuan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
bagi perusahaan serta strategi pemasaran yang tepat untuk diimplementasikan
dalam persaingan usaha jasa transportasi. Metode yang digunakan dalam penarikan
contoh adalah nonprobability sampling, yaitu purposive sampling dengan tiga
narasumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif
seperti Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE),
Internal External (IE), Strengths Weaknesses Opportunities Threats (SWOT) dan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Data hasil penelitian diolah dan
dianalisis secara kuantatif dengan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan analisis
matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSP prioritas strategi pemasaran yang ideal untuk
Borneo Trans adalah Product Development Strategy dengan nilai TAS 5.8367.
Product Development Strategy diimplementasikan dengan menawarkan paket
perjalanan pulang pergi dengan tarif yang lebih hemat.
Collections
- UT - Management [3455]