Aplikasi Balanced Scorecard untuk evaluasi pengukuran kinerja perusahaan di PT X.
Abstract
Pengukuran kinerja perusahaan diperlukan untuk dapat mengukur tingkat pencapaian terhadap tujuan yang telah direncanakan. Pengukuran kinerja harus senantiasa dilakukan sehingga perusahaan dapat melayani pelanggan, karyawan, pemilik, dan stakeholder dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja perusahaan dengan menggunakan balanced scorecard serta menganalisis hasil dari kinerja perusahaan yang telah didapatkan dan memberikan skenario rekomendasi untuk meningkatkan nilai kinerja. Pengukuran kinerja dengan balanced scorecard menterjemahkan visi dan misi, yang kemudian dilakukan ukuran sasarannya. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menentukan persentase pencapaian masing-masing indikator tiap perspektif, yang kemudian menentukan total skor kinerja perusahaan berdasarkan angka pencapaian setiap indikator pada masing-masing perspektif serta bobot kepentingannya yang dilakukan dengan metode perbandingan berpasangan. Hasil penterjemahan visi dan misi didapatkan 8 sasaran yang kemudian dibagi ke dalam empat perspektif. Persentase pencapaian diperoleh berdasarkan pencapaian indikator dalam mencapai target. Pencapaian perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memiliki nilai pencapaian yang tertinggi dibandingkan dengan perspektif lainnya. Total skor kinerja yang dihasilkan perusahaan pada tahun 2018 memiliki rata-rata total skor 88.93. Kinerja perusahaan dapat dikategorikan sangat sehat. Nilai kinerja perusahaan dapat dilakukan peningkatan dengan cara meningkatkan pencapaian perspektif yang masih rendah.