Pengaruh Bauran Promosi dan Destinasi Wisata terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Taman Nasional Baluran
View/ Open
Date
2019Author
Masruroh, Anis Daifatin
Andrianto, Mokhamad Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Taman Nasional Baluran merupakan salah satu wisata yang menarik untuk
dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang terletak di Situbondo
Jawa Timur. Sebuah promosi sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan objek
wisata yang ada agar mampu menjadi ikon wisata di daerah tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dan destinasi wisata
terhadap keputusan berkunjung pada wisata Taman Nasional Baluran. Metode
pengambilan sampel menggunakan teknik non probabilistik dengan metode
purposive sampling dengan kriteria wisatawan yang pernah mengujungi wisata
Taman Nasional Baluran dalam kurun waktu 2 tahun. Data primer diperoleh
melalui wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur
yang relevan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode
Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square
(PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa periklanan dan promosi
penjualan pada bauran promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap
keputusan berkunjung sedangkan seluruh variabel pada destinasi wisata tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung.
Collections
- UT - Management [3455]