Healda: Plaform E-Commerce Skincare Organik dan Natural
View/ Open
Date
2019Author
Juherry, Salsabila
Ratnawati, Anny
Ratnawati, Anny
Metadata
Show full item recordAbstract
Skincare organik dan natural merupakan jenis skincare yang telah menjadi
key trend baru saat ini dan terus meningkat permintaannya di Indonesia.
Peningkatan permintaan ini ternyata banyak disalah gunakan oleh penjual yang
melakukan klaim organik dan natural terhadap produknya, tetapi masih
mengandung bahan - bahan yang tidak diperbolehkan oleh instansi organik dan
natural. Ide bisnis Healda berupa aplikasi skincare organik dan natural diciptakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
permasalahan yang dihadapi, menganalisis solusi yang tepat, dan merumuskan
model bisnis yang sesuai untuk aplikasi Healda. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan pendekatan customer discovery. Berdasarkan hasil uji
masalah ditemukan delapan masalah yang dirasakan responden dalam
mengkonsumsi skincare organik dan natural, beberapa diantaranya yaitu harga
mahal, kehabisan produk, dan kesulitan mencari produk. Solusi yang diterima
adalah aplikasi Healda yang dilengkapi oleh beberapa fitur salah satunya fitur
subscription, kolom ingredients, dan grup diskusi. Model bisnis terverifikasi
berdasarkan tiga aspek yaitu kesesuaian produk dengan pasar, pelanggan dan cara
menggapainya, serta cara perusahaan menghasilkan uang. Healda juga dapat lebih
dikembangkan lagi dengan mencari informasi pada ruang lingkup konsumen yang
lebih besar.
Collections
- UT - Business [425]