Pengembangan Strategi Pemasaran pada Kedai Teh Laresolo
Abstract
Saat ini pelaku usaha di bidang minuman semakin bertambah, sehingga
diperlukan berbagai upaya untuk dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin
ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi bauran pemasaran yang
telah diterapkan Kedai Teh Laresolo, (2) menganalisis tingkat kepentingan dan
kinerja bauran pemasaran Kedai Teh Laresolo, (3) menyusun strategi yang dapat
dikembangkan Kedai Teh Laresolo. Data dikumpulkan dari 60 konsumen yang
dipilih secara convenience sampling. Bauran pemasaran yang sudah diterapkan
yaitu, produk bervariasi dengan bahan baku premium, harga bervariasi, letak kedai
strategis, promosi terbatas, kedai menyediakan prosedur operasional, karyawan
diberikan pelatihan, serta tempat nyaman. Adapun atribut yang menjadi prioritas
untuk perbaikan adalah promosi penjualan, ketersediaan tempat parkir, dan
pendingin udara. Rancangan strategi berfokus pada promosi penjualan dengan
pendekatan 4C yaitu penyelenggaraan acara khusus, penawaran produk ekstra,
penawaran paket minuman, dan promosi melalui media sosial.
Collections
- UT - Business [314]