Perancangan Bisnis Si Manies BronQu: Camilan Manis Kurma untuk Sehatmu.
Abstract
Buah kurma memiliki kandungan gula sederhana yang dapat digunakan
sebagai pemanis untuk menggantikan gula pada camilan. Tujuan penelitian ini
yakni merumuskan ide sesuai dengan permasalahan konsumen camilan manis.
Model yang digunakan adalah customer discovery dan customer validation
dengan melakukan wawancara, penyebaran kuesioner, dan pengujian penjualan
yang dilakukan sejak bulan Februari hingga Juli 2019. Permasalahan yang
ditemukan adalah (1) produk camilan manis tinggi gula dan bahan tambahan
pangan, (2) sulit mencari camilan manis dengan manfaat kesehatan, dan (3) bahan
baku tidak berkualitas. Berdasarkan hasil uji masalah diperoleh konsumen
potensial sebesar 60%. Tahap verifikasi menghasilkan value propositions produk
diantaranya pemanis dari buah kurma, manfaat kesehatan dari buah kurma, serta
bahan baku yang berkualitas. Customer segments ialah konsumen berusia 17
tahun keatas dengan ekonomi menengah keatas. Channels yang digunakan adalah
bazar, offline store, dan online store. Revenue streams didapatkan dari penjualan
produk. Hasil perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) berkisar Rp2 836 per
buah untuk kapasitas 2 000 per hari dengan harga jual sekitar Rp5 250 per buah
Collections
- UT - Business [425]