nalisis pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan^bStudi kasus apartemen Patraland Urbano Bekasi
Abstract
Berkembangnya bisnis properti di daerah Jabodetabek membuat banyak
perusahaan bergabung dalam bidang tersebut. PT Patra Jasa merupakah salah satu
anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak pada bidang Property, Hospitality,
dan Multi Jasa. Salah satu produk properti yang dikembangkan Patra Jasa yaitu
Apartemen Tamansari Urbano yang berada di Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah
mengidentifikasi promosi yang dilakukan Patra Jasa untuk Apartemen Urbano serta
menganalisis pengaruhnya terhadap volume penjualannya. Media promosi pada
Apartemen Urbano dibagi atas promosi Above The Line (ATL) dan promosi Below
The Line (BTL). Berdasarkan analisa dengan menggunakan metode analisis regresi
linear berganda didapatkan hasil pengaruh secara simultan dan parsial. Secara
simultan, promosi ATL dan BTL yang dilakukan Patra Jasa berpengaruh terhadap
volume penjualan sebesar 44.4%. Kemudian secara parsial, promosi BTL memiliki
pengaruh yang lebih kuat dibandingkan ATL meskipun keduanya mempunyai
pengaruh positif terhadap volume penjualan. Hal itu dikarenakan pada produk
properti memerlukan promosi secara personal karena konsumen membutuhkan
infomasi yang detail mengenai produk sebelum melakukan pembelian.
Collections
- UT - Management [3354]