Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Daging Kerbau Beku serta Implementasi terhadap Bauran Pemasaran (Studi Kasus: Perum BULOG Divre DKI Jakarta dan Banten).
Abstract
Perusahaan Umum (Perum) BULOG merupakan Badan Usaha Milik Negara
yang bergerak di bidang logistik pangan. Salah satu tugas Perum BULOG yaitu
melakukan pengadaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional serta
kegiatan komersial perusahaan. Selain beras, pengadaan pangan yang disediakan
yaitu daging kerbau. Upaya pemasaran yang sesuai perlu dilakukan perusahaan
untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Tujuan pada penelitian ini
untuk menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan
faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian, serta implementasi
terhadap bauran pemasaran daging kerbau beku Perum BULOG Divre DKI
Jakarta dan Banten. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis
faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor baru yang
memengaruhi keputusan pembelian daging kerbau beku Perum BULOG Divre
DKI Jakarta dan Banten yaitu kualitas produk, akses produk, pengaruh
lingkungan, persepsi konsumen, budaya dan demografi konsumen, promosi,
informasi produk, dan kebutuhan mengonsumsi produk. Faktor utama yang paling
memengaruhi adalah kualitas produk.
Collections
- UT - Management [3459]