Pengaruh User Experience terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial pada Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Mobile Application Traveloka
Abstract
Traveloka adalah perusahaan berbasis aplikasi yang melayani reservasi tiket
pesawat, kereta api, dan kamar hotel. Saat ini, Traveloka menjadi perusahaan
aplikasi terbesar di Indonesia dengan nilai total valuasi 61 triliun rupiah. Penelitian
ini bertujuan menganalisis pengaruh user experience terhadap kepuasan konsumen
pada sistem pemesanan tiket pesawat mobile application Traveloka. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer
diperoleh melalui penggunaan kuesioner kepada generasi milenial pengguna mobile
application Traveloka yang pernah melakukan pemesanan tiket pesawat
menggunakan teknik purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari hasil kajian
literatur berdasarkan sumber-sumber terkait, baik dari buku maupun jurnal ilmiah
yang membahas pengaruh user experience terhadap kepuasan konsumen. Data
dianalisis dengan analisis structural equation modelling (SEM). Hasil yang
diperoleh adalah terdapat satu dimensi user experience yang ber-pengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen, yaitu kebaharuan penggunaan (novelty).
Collections
- UT - Management [3442]