Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99854
Title: Revitalisasi Model Bisnis Seuri: Supporting Souvenir for Indonesia Tourism
Authors: Zulbainarni, Nimmi
Mustikadewi, Raden Ajeng Faadhila Ramadhanti
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Seuri adalah bisnis yang bergerak dalam bidang industri kreatif yaitu suvenir yang menggunakan bahan campuran susu yang tidak layak konsumsi. Seuri memiliki harapan jangka panjang untuk bisnisnya, tetapi terdapat beberapa masalah yang disebabkan belum tertatanya model bisnis Seuri saat ini sehingga menghambat aktivitas bisnisnya. Oleh karena itu, diperlukan rebitalisasi terhadap model bisnis Seuri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi model bisnis yang saat ini diterapkan oleh Seuri, (2) menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada Seuri, dan (3) menentukan revitalisasi model bisnis Seuri berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap BMC dan SWOT. BMC berguna untuk memberi gambaran aktivitas bisnis Seuri dan analisis SWOT dalam penelitian ini menghasilkan rumusan strategi yang disusun ke dalam matriks SWOT. Strategi yang telah dirumuskan menghasilkan BMC yang baru sebagai dampak dari revitalisasi. BMC yang terdiri atas sembilan elemen mengalami perubahan berupa penambahan aspek pada beberapa elemen yaitu: segmen pelanggan, saluran distribusi, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas kunci, mitra kunci, dan struktur biaya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99854
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19raf.pdf
  Restricted Access
22.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.