Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99133
Title: Analisis Daya Saing Produk Arang Indonesia di Pasar Internasional.
Authors: Manurung, EG Togu
Supriyanto, Adi
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi performa ekspor produk arang Indonesia di pasar internasional periode tahun 2013-2017. Produk arang yang dianalisis terdiri dari charcoal from bamboo (HS 440210) dan wood charcoal from other than bamboo (HS 440290). Penelitian ini menggunakan tiga metode penghitungan yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk mengukur keunggulan komparatif, Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) untuk mengukur keunggulan kompetitif, dan Constant Market Share Analysist (CMSA) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi nilai ekspor produk. Nilai Indeks Revealed Comparative Advantage pada penelitian menunjukkan bahwa produk arang Indonesia memiliki daya saing komparatif yang sangat kuat dengan nilai >1. Nilai Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) menunjukkan bahwa produk arang Indonesia berada pada tahap kematangan dengan nilai 0,9 < ISP ≤ 1. Analisis Constant Market Share (CMS) menunjukkan bahwa faktor daya saing, komposisi komoditas, dan pertumbuhan standar memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekspor produk arang Indonesia dengan faktor yang paling kuat adalah faktor daya saing produk.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99133
Appears in Collections:UT - Forestry Products

Files in This Item:
File SizeFormat 
E19asu.pdf
  Restricted Access
13.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.