Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98923
Title: Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Kopi di Rumah Kopi Sunda Hejo
Authors: Hadiyanto
Firdaus, Adzania Mutiara
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Agroindustri merupakan kegiatan industri dengan memanfaatkan hasil pertanian yang diolah menjadi produk olahan pertanian. UMKM merupakan agroindustri skala kecil dan menengah yang menjual produk lokal. Dalam pengembangan usaha UMKM, perlu dilakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara luas, salah satunya menggunakan media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pesan dalam media sosial Instagram, menganalisis keterdedahan terhadap akun @sundahejo, menganalisis efektivitas Instagram sebagai media promosi, menganalisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi, menganalisis hubungan antara karakteristik pesan dalam media sosial Instagram dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi, dan menganalisis hubungan antara keterdedahan terhadap akun @sundahejo dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data kuantitatif berupa kuesioner yang didukung oleh data kualitatif berupa wawancara mendalam. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan Instagram efektif dalam menstimulasi perhatian, ketertarikan dan keinginan responden. Memasuki tahap action efektivitas Instagram tergolong cukup efektif mendorong responden dalam melakukan tindakan terhadap produk kopi Sunda Hejo.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98923
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File SizeFormat 
I19amf.pdf
  Restricted Access
45.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.