Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98787
Title: Pengaruh Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa SDIT Ishlahul Ummah Leuwiliang
Authors: Damayanthi, Evy
Kustiyah, Lilik
Sholihah, Mar'atus
Issue Date: 2015
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak intervensi pendidikan GS terhadap perilaku GS pada siswa SDIT Ishlahul Ummah Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah gabungan dari dua desain yaitu cross sectional study dan quasy experimental, pre-post test without control droup design. Contoh penelitian sebanyak 104 orang yang terdiri dari 3 orang berstatus gizi kurus, 67 orang berstatus gizi normal, dan 34 orang berstatus gizi gemuk (IMT/U). Tempat dan subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik contoh dan sosial ekonomi keluarga, perilaku GS, konsumsi pangan, aktivitas fisik, status gizi dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa contoh dengan status gizi normal memiliki perilaku GS, konsumsi, aktivitas fisik, dan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan contoh dengan status gizi lainnya. Terdapat perbedaan yang signifikan (p<0.05) antara hasil pre test dan post test pengetahuan dan sikap GS. Kesimpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan perilaku GS khususnya pengetahuan dan sikap GS kearah yang lebih baik setelah diberikan pendidikan GS.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98787
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I15msh1.pdf
  Restricted Access
20.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.