Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98333
Title: Analisis Efisiensi Pemasaran Ayam Ras Pedaging (Broiler) Pola Kemitraan di Kabupaten Bengkulu Selatan
Authors: Adhi, Andriyono Kilat
Citra, Clorinda Fiona
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Broiler adalah salah satu dari komoditi peternakan unggas yang memiliki kontribusi produksi terbesar di Indonesia. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran ayam broiler, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar dan efisiensi saluran pemasaran berdasarkan margin pemasaran, farmer’s share dan keuntungan terhadap biaya. Responden tiga kelompok (peternak, lembaga pemasaran, konsumen) dipilih dengan metode purposive sampling untuk peternak dan metode snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Data primer diperoleh dengan metode survey menggunakan kuisioner. Data sekunder diperoleh dari sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran ayam broiler pola kemitraan di Kabupaten Bengkulu Selatan terdiri dari 3 saluran dengan lembaga pemasaran yang terdiri dari inti, pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Saluran pemasaran I adalah saluran dengan nilai cost margin terendah, dan dengan nilai farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya tertinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98333
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19cfc.pdf
  Restricted Access
18.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.