Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98131
Title: Analisis Pemasaran Salak Pondoh di Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara.
Authors: Adhi, Andriyono Kilat
Setiowati, Tanti
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Harga salak yang fluktuatif dan perbedaaan harga pada tingkat petani dengan harga salak di tingkat konsumen yang relatif besar menyebabkan bagian yang diperoleh petani rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran dan efisiensi pemasaran salak di Kecamatan Madukara. Data-data diperoleh dari 23 petani dan lembaga pemasaran yang menjadi responden berjumlah 14 orang yang terdiri dari pedagang besar lokal, pedagang pengumpul, dan pedagang pengecer. Lokasi penelitian dipilih secara purposive dan pencarian lembaga pemasaran dilakukan secara snowball sampling. Efisiensi pemasaran diukur menggunakan marjiin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di Kecamatan Madukara terdapat tiga saluran pemasaran sebagai berikut: (1) petani-pedagang besar lokal-pedagang luar (Kramatjati); (2) petani-pedagang pengumpul-pedagang besar lokal-pedagang luar (Bandung) dan (3) petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer. Saluran pemasaran 1 dinyatakan lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran 2 dan saluran pemasaran 3.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98131
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19tse.pdf
  Restricted Access
16.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.