Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98129
Title: Analisis Kesediaan Membayar Konsumen dan Preferensi Atribut Produk Ikan Lele (Studi Kasus Budidaya Ikan Lele Binaan PT PJB UP Cirata).
Authors: Najib, Mukhamad
Wijaya, Salman Cakra
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Budidaya perikanan adalah kegiatan memproduksi biota (organisme) akuatik (air) untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, Program Budidaya Ikan Lele menjadi salah satu program pemberdayaan UMKM binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkit Cirata. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai yang bersedia dibayarkan oleh konsumen untuk produk ikan lele pada program urban farming dengan analisis willingness to pay, dan mengidentifikasi kombinasi produk yang diinginkan oleh konsumen untuk produk ikan lele pada program budidaya ikan lele dengan analisis konjoin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai tengah maksimum WTP ikan lele bibit kecil sebesar Rp 100.000/lt; ikan lele bibit sedang sebesar Rp 75.000/lt; ikan lele konsumsi sebesar Rp 17.500/kg. Berdasarkan analisis konjoin terkait dengan preferensi konsumen menunjukkan bahwa konsumen paling mementingkan atribut kuantitas sebagai bahan pertimbangan dalam membeli ikan lele. Atribut kedua yang dianggap penting oleh konsumen adalah harga. Atribut yang dianggap kurang penting adalah jenis. Sedangkan untuk prefensi konsumen yang paling disukai oleh konsumen adalah ikan lele dengan harga Rp 17.000, jenis bibit sedang, dan memiliki kuantitas banyak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98129
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19scw.pdf
  Restricted Access
19.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.