Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97992
Title: Analisis Pemanfaatan E-Marketing oleh Petani dalam Pemasaran Produk Agribisnis (Kasus E-Marketing Tani Niaga Dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah).
Authors: Priatna, Wahyu Budi
Kusnadi, Nunung
Shodiq, Ariska Rosadi Al Rasyid
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Sejalan dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), muncul pemahaman baru mengenai paradigma pemasaran berupa konsep pemasaran modern melalui jaringan internet yang disebut dengan e-marketing. Emarketing merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang memperhatikan perkembangan lingkungan yang dinamis, dimana internet menjadi alternatif media pemasaran yang efektif dan efisien. E-marketing menggambarkan penggunaan teknologi informasi dalam proses menginformasikan, mengomunikasikan, mempromosikan, menjual produk dan jasa serta membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan pemasaran secara online. Sebagian besar e-marketing banyak dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis oleh perusahaan-perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa sesuai kebutuhan konsumen. Namun, perkembangan pemasaran produk melalui internet kini merambah ke berbagai produk termasuk produk agribisnis. Salah satu contoh e-marketing produk agribisnis, yaitu Tani Niaga yang dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Tani Niaga merupakan sistem yang dibuat untuk memfasilitasi petani dalam memasarkan produk hasil pertaniannya, memotong rantai tataniaga menjadi lebih pendek, menstabilkan harga saat panen raya, memperluas jangkauan pasar, dan memungkinkan petani mendapatkan pembeli dengan tawaran harga yang lebih tinggi sehingga berujung pada peningkatan pendapatan petani. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan profil website e-marketing Tani Niaga yang dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan; 2) mendeskripsikan sistem kerja emarketing Tani Niaga yang dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan; 3) menganalisis tingkat pemanfaatan e-marketing Tani Niaga oleh petani; dan 4) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi petani dalam memanfaatkan emarketing Tani Niaga. Penelitian e-marketing dengan kasus Tani Niaga sebagai media pemasaran online produk agribisnis dilakukan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah pada November 2017 sampai Oktober 2018. Penentuan responden petani dan informan dari pihak Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan dilakukan dengan metode purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara serta diskusi dengan sejumlah responden penelitian, yaitu 114 petani dan perwakilan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan sebagai pengelola emarketing Tani Niaga. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3. Tani Niaga merupakan e-marketing berbasis website yang dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 2016 dan mulai beroperasi pada bulan Juli tahun 2017 untuk memfasilitasi petani Kabupaten Grobogan dalam memasarkan produk hasil pertanian. Website Tani Niaga dapat diakses secara online oleh petani maupun pengguna lainnya (calon konsumen) dengan menggunakan handphone serta komputer melalui alamat URL www.taniniaga.com. Website Tani Niaga ini terdiri dari sembilan menu, di antaranya Login, Daftar, Home, Kategori, Blog, Cara Order, Info Reseller, Testimoni, dan Download Katalog. Tani Niaga dirancang khusus untuk memfasilitasi petani dalam memasarkan produk hasil pertaniannya langsung kepada calon konsumen melalui sistem pemasaran online. Sistem pemasaran melalui Tani Niaga merupakan upaya untuk menghilangkan keterlibatan tengkulak atau pedagang perantara lainnya yang mengakibatkan panjangnya rantai distribusi dan ketergantungan petani akan tengkulak tersebut. Sehingga secara potensial, adanya Tani Niaga ini dapat meningkatkan efisiensi pemasaran produk hasil pertanian petani Kabupaten Grobogan. Tani Niaga dimanfaatkan oleh petani sebagai media pemasaran produk hasil pertanian secara online. Namun demikian, secara umum tingkat pemanfaatan Tani Niaga, baik pada kelompok petani pangan maupun petani hortikultura masih relatif rendah. Hal ini ditunjukkan dari aspek tingkat akses sarana teknologi informasi, intensitas pemanfaatan Tani Niaga, tingkat manfaat yang dirasakan setelah memanfaatkan Tani Niaga serta jangkauan pemasaran dari Tani Niaga. Tingkat Pemanfaatan Tani Niaga dipengaruhi oleh karakteristik individu petani dan karakteristik Tani Niaga. Faktor karakteristik individu pada petani pangan yang dominan berpengaruh nyata terhadap tingkat pemanfaatkan Tani Niaga adalah pendidikan formal, sedangkan pada kelompok petani hortikultura adalah keberanian mengambil resiko. Faktor karakteristik Tani Niaga yang dominan berpengaruh nyata terhadap tingkat pemanfaatan Tani Niaga pada kelompok petani pangan adalah kesesuaian dengan kebutuhan, sedangkan pada kelompok petani hortikultura adalah kemudahan untuk diaplikasikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97992
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2019ara1.pdf
  Restricted Access
30.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.