Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97922
Title: Strategi Pemasaran Kopi Spectrum di Kota Bogor
Authors: i Priatna, Wahyu Bud
Hikmah, Puji Nurul
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Animo masyarakat akan kopi yang meningkat dapat dilihat dari adanya peningkatan angka konsumsi kopi di Indonesia. Hal tersebut merupakan sebuah peluang bagi seorang pengusaha untuk membuka coffee shop. Jumlah coffee shop selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun terutama di Kota Bogor sebagai salah satu kota wisata. Seiring dengan peningkatan tersebut, tingkat persaingan pun semakin bertambah. Oleh sebab itu, alternatif strategi yang efektif sangat diperlukan agar dapat berhasil dalam persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga diperoleh rumusan prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis menunjukkan bahwa Kopi Spectrum berada pada posisi tumbuh dan membangun. Analisis Matriks SWOT menghasilkan lima alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kopi Spectrum yaitu mempertahankan kualitas produk dengan harga yang sesuai (SO1), meningkatkan kegiatan promosi sesuai dengan target sasaran (WO1), memperluas jaringan pemasok (ST1), mempertahankan konsumen yang sudah ada dengan pelayanan dan kelengkapan fasilitas (ST2), dan memperoleh sertifikat halal (WT1). Berdasarkan perhitungan QSPM, prioritas strategi dari Kopi Spectrum adalah mempertahankan konsumen yang sudah ada.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97922
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19pnh.pdf
  Restricted Access
26.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.