Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97663
Title: Factors Influencing Consumer Decisions in Halal Tourism (Case Study Indonesia and Malaysia).
Authors: Najib, Mukhamad
Sarma, Ma'mun
Sumardi, Retno Santi
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Mengetahui keputusan konsumen dalam pariwisata halal sangat penting karena meningkatnya jumlah muslim di dunia dan pariwisata merupakan sektor yang berperan penting dalam perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan proses pengambilan keputusan konsumen terhadap wisata halal di Indonesia dan Malaysia, menganalisis perbedaan pengaruh bauran pemasaran (product, place, price, promotion) terhadap keputusan konsumen berwisata halal di Indonesia dan Malaysia, menganalisis perbedaan faktor-faktor seperti lingkungan, individu, sikap, dan motivasi terhadap keputusan berwisata halal di Indonesia dan Malaysia, dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisata halal di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan survei pada 200 wisatawan Muslim Indonesia dan 200 wisatawan Muslim Malaysia yang telah mengunjungi wisata halal di Malaysia dan Indonesia. Kuala Lumpur dipilih untuk mewakili Malaysia, sedangkan Lombok dipilih untuk mewakili Indonesia. Hasil survei dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM), dan uji beda dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan proses keputusan konsumen, perbedaan yang signifikan antara konsumen Indonesia dan Malaysia adalah pada frekuensi dalam melakukan perjalanan, sumber informasi, cara memutuskan, pemberi pengaruh, kepuasan selama perjalanan. Menurut hasil SEM terdapat faktor yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keputusan berwisata halal ke Malaysia yaitu pada faktor lingkungan dan bauran pemasaran dan faktor dominan yang mempengaruhi konsumen Indonesia berkunjung ke wisata halal Malaysia adalah karena situasi yang terdapat dalam diri wisatawan tersebut berupa nilai-nilai religi yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Sedangkan hasil SEM pada wisata halal Indonesia adalah faktor lingkungan, individu, sikap dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Malaysia dalam berwisata halal ke Indonesia. Faktor yang dominan yang mempengaruhinya adalah karena pengaruh keluarga, karena keputusan berlibur biasanya berdasarkan pertimbangan keluarga atau partner.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97663
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2019rss.pdf
  Restricted Access
27.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.