Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97247
Title: Metode CART untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Waktu Pembelian Kendaraan Kedua
Authors: Afendi, Farit Mochamad
Suhaeni, Cici
Setiawaty, Eka
Issue Date: 2019
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Peningkatan persaingan antar perusahaan penjual kendaraan pribadi membuat masing-masing perusahaan memerlukan strategi pemasaran guna mempertahankan pelanggan dan meningkatkan angka penjualan produknya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah memprospek pelanggan di waktu yang tepat. Penentuan waktu yang tepat dapat didekati dengan mengidentifikasi hubungan antara peubah-peubah penjelas yang berpengaruh terhadap jarak pembelian berdasarkan data transaksi Perusahaan Z tahun 2002 sampai 2015 menggunakan metode Classification and Regression Trees (CART). Analisis data dipisahkan antara kelompok pelanggan yang melakukan pembelian kedua maksimal 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok A) dan lebih dari 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok B). Pohon regresi kelompok A menghasilkan 8 simpul akhir dengan nilai MAD sebesar 1.84 tahun. Peubah penyekat yang berperan, yaitu peubah tenor, pekerjaan, usia, dan merek. Pohon regresi kelompok B menghasilkan 4 simpul akhir dengan peubah penyekat servis resmi dan pekerjaan. Nilai MAD untuk pohon regresi kelompok B adalah sebesar 0.56 tahun.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97247
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G19ese.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.