Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96512
Title: Desain Taman Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Bogor.
Authors: Anwar, Dewi Rezalani
Izdihar, Jasmine Kashmira
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Kondisi lanskap sekolah penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi kondisi proses belajar yang mampu membangkitkan peran serta anak didik. Sekolah alam merupakan salah satu bentuk sarana pendidikan yang memperhatikan lanskap sekolah dan bagaimana muridnya menghargai lingkungan. Salah satu sekolah alam terdapat di Tanah Baru, Kota Bogor. Sekolah alam ini memiliki program pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus, dimana anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat berinteraksi dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep serta desain taman sekolah yang dapat memberikan fungsi pendidikan dan penyembuhan melalui program dan aktivitas yang dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan kualitas lingkungan yang baik dan estetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis unsur kualitatif dan kuantitatif aspek fisik-biofisik, sosial, dan pendidikan untuk murid berkebutuhan khusus. Metode ini dilakukan melalui empat tahap yaitu: (1) tahap persiapan, (2) menganalisis kondisi eksisting (fisik-biofisik) dan proses pendidikan murid berkebutuhan khusus melalui pengamatan langsung dan studi pustaka, (3) tahap pengolahan data, serta (4) tahap mendesain. Konsep dasar dari taman sekolah ini adalah menciptakan taman sekolah yang edukatif, interaktif, dan dapat digunakan untuk terapi, dengan memadukan kegiatan terapi yang sudah ada sebelumnya. Konsep dasar dari taman ini berasal dari building blocks for learning yang terdiri dari beberapa keterampilan yang didapatkan melalui kegiatan terapi. Konsep desain yang diaplikasikan pada tapak merupakan pengembangan dari konsep building blocks, yaitu building blocks of life atau struktur penyusunan tubuh makhluk hidup dimana sel adalah tingkatan struktural terendah sama seperti sekolah dasar dalam sistem pendidikan. Penelitian ini dibatasi sampai tahap penyusunan desain lanskap dengan hasil akhir berupa site plan yang dilengkapi gambar detail.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96512
Appears in Collections:UT - Landscape Architecture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A18jki.pdf
  Restricted Access
62.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.