Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96309
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHadianto, Adi-
dc.contributor.advisorAmanda, Dea-
dc.contributor.authorAthiyah, Fania Nur-
dc.date.accessioned2019-01-23T02:08:06Z-
dc.date.available2019-01-23T02:08:06Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96309-
dc.description.abstractLada merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Sebagian besar lada Indonesia diekspor ke negara-negara di pasar Asia. Vietnam dan Malaysia merupakan negara eksportir lada pesaing Indonesia di pasar Asia. Produksi dan luas lahan tanam lada di Indonesia jumlahnya masih berfluktuasi dan Indonesia masih lebih banyak mengekspor lada utuh dibandingkan dengan lada bubuk. Hal tersebut menyebabkan nilai ekspor lada rendah dan berdampak terhadap daya saing lada Indonesia. Dengan demikian, penting dilakukan penelitian untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing lada Indonesia di pasar Asia dan kemudian dibandingkan dengan daya saing negara pesaing di pasar Asia menggunakan metode Constant Market Share (CMSA) dan menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi ekspor lada Indonesia di pasar Asia menggunakan analisis data panel dengan gravity model. Periode yang digunakan adalah tahun 2012-2016. Hasil analisis CMSA menunjukkan daya saing komoditas lada utuh dan lada bubuk Indonesia di pasar Asia tergolong lemah. Efek komposisi komoditas adalah efek yang paling mempengaruhi perubahan ekspor lada utuh dan bubuk Indonesia. Sementara itu, Indonesia memiliki efek daya saing lada utuh lebih tinggi dibandingkan Vietnam namun lebih rendah dibanding Malaysia. Lada bubuk Indonesia memiliki daya saing lebih tinggi dibandingkan dengan Vietnam dan Malaysia. Efek komposisi komoditas adalah efek yang paling mempengaruhi perubahan ekspor lada utuh dan bubuk Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Dari hasil estimasi Gravity Model didapatkan bahwa variabel jarak ekonomi Indonesia ke negara tujuan, nilai tukar riil negara tujuan dan harga ekspor lada utuh Indonesia berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor lada utuh Indonesia sedangkan variabel GDP riil perkapita negara tujuan, nilai tukar riil negara tujuan dan harga ekspor lada bubuk tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor lada bubuk Indonesia.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agriculture University (IPB)id
dc.subject.ddcEconomic Resourcesid
dc.subject.ddcPepperid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titleAnalisis Daya Saing Lada Indonesia di pasar Asia.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCMSAid
dc.subject.keyworddata panelid
dc.subject.keyworddaya saingid
dc.subject.keywordgravity modelid
dc.subject.keywordladaid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18fna.pdf
  Restricted Access
35.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.