Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95894
Title: Evaluasi Taman sebagai Ruang Publik Ramah Anak di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.
Authors: Mugnisjah, Wahju Qamara
Sari, Lala Nila
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Perkembangan kota tidak terlepas dari perkembangan penduduknya, di dalamnya termasuk anak-anak sehingga diperlukan ruang terbuka ramah anak. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karateristik, menganalisis dan mengevaluasi manfaat taman lingkungan sebagai ruang publik ramah anak di Kota Bogor, dan memberi rekomendasi pengelolaan. Penelitian dimulai pada bulan November 2017 sampai April 2018. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan pemberian kuisioner dengan metode purposive sampling kepada masyarakat dan pengamatan perilaku anak di taman. Hasil analisis oleh masyarakat menunjukkan taman yang diamati cukup baik sebagai ruang publik ramah anak. Ruang aktif menjadi yang paling diminati ketika rekreasi di taman, karena dapat meningkatkan aktivitas fisik anak. Hal itu berbeda dengan ruang ekologi yang dinilai belum menstimulasi anak untuk bermain di dalamnya, karena kurangnya keterhubungan ruang dan elemen lanskap. Agar dapat menstimulasi dan mewadahi aktivitas anak terutama pada ruang aktif dan ruang ekologis, dibutuhkan penataan dan pemeliharaan pada elemen lanskap di taman. Proses evaluasi yang melibatkan masyarakat diharapkan meningkatkan kepedulian terhadap ruang serta fasilitas publik ramah anak. Ekspektasi masyarakat terhadap ruang publik diharapkan membangun rasa memiliki dan tanggung jawab sehingga pengelolaan berbasis manfaat dapat lebih efektif jika dibandingkan dengan pengelolaan terpusat oleh satu lembaga.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95894
Appears in Collections:UT - Landscape Architecture

Files in This Item:
File SizeFormat 
A18lns.pdf
  Restricted Access
11.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.