Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95723
Title: Analisis Atribut Produk dan Kesediaan Membayar pada Produk Olahan Buah Mangrove (Studi Kasus pada Binaan CSR PT PJB UP Muara Karang).
Authors: Najib, Mukhamad
Khanum, Qara Fatimah
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Usaha olahan buah mangrove merupakan salah satu binaan CSR PT PJB UP Muara Karang. Untuk mengembangkan usahanya diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing dan memeroleh laba yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kombinasi atribut produk yang paling disukai oleh konsumen dan mengestimasi nilai maksimum yang bersedia konsumen bayarkan pada olahan buah mangrove. Analisis data menggunakan analisis konjoin dan analisis Willingness To Pay (WTP) dengan metode CVM. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang paling penting untuk produk dodol adalah atribut tekstur, untuk selai atribut adalah atribut kemasan dan minuman sari buah adalah atribut harga. Kemudian hasil kombinasi atribut yang paling disukai oleh konsumen yaitu untuk dodol dengan harga Rp23 001-Rp25 000, rasa original, bertekstur kenyal dan dengan kemasan kotak kardus. Untuk selai, harga Rp15 001-Rp19 000, kemasan toples kaca, dengan ukuran sedang (200 g). Untuk minuman sari buah yaitu harga Rp10 000-Rp12 000 dengan kemasan botol kaca dan memiliki ukuran yang sedang (330 ml). Penelitian ini juga menunjukan nilai rata-rata WTP untuk dodol sebesar Rp28 289.5 per pack, selai sebesar Rp19 447.4 per botol dan minuman sari buah sebesar Rp17 421.1 per botol.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95723
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18qfk.pdf
  Restricted Access
1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.