Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95706
Title: Pemasaran Komoditas Ikan Tangkap Perikanan Laut Kota Pekalongan.
Authors: Yusalina
Rohman, M. Habibur
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Setiap tahun, permintaan ikan untuk konsumsi dan produk olahan di Pekalongan mengalami peningkatan. Saat ini, Pekalongan yang merupakan pusat perikanan ikan tangkap di Jawa Tengah, sedang mengalami fluktuasi dalam produksinya, sehingga lembaga pemasarannya meningkatkan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran, lembaga, fungsi, dan efisiensi pemasaran. Metode pengumpulan data menggunakan accidental sampling, snowball sampling, dan purposive sampling. Berdasarkan aliran dari hasil produksi dan fungsi pemasarannya, terdapat dua saluran dalam sistem pemasaran. Setiap saluran pemasaran memiliki fungsi yang berbeda untuk menunjang kegiatannya. Pelaku yang berperan dalam pemasaran tersebut adalah nelayan, pengepul, dan lembaga yang bersangkutan. Saluran pertama merupakan konsumen dalam daerah yang membeli ikan melalui pengepul. Saluran kedua merupakan konsumen luar daerah yang relatif lebih efisien dalam pemasaran dengan margin pemasaran sekitar 12.12 persen, fisherman’s share 87.79 persen, dan rasio keuntungan terhadap biaya 19.18.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95706
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18mhr.pdf
  Restricted Access
1.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.