Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95303
Title: Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten.
Authors: Fatchiya, Anna
Oktaviani, Wanda Fazriah
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agriculture University (IPB)
Abstract: Pengelola wisata Umbul Ponggok melakukan kegiatan promosi melalui media sosial seperti instagram dan website. Pengelola berharap dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik responden dan media sosial, menganalisis sejauh mana efektivitas media sosial serta faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas promosi. Lokasi penelitian di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dengan jumlah responden sebanyak 30 responden website dan 85 responden instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden pengakses media promosi Umbul Ponggok yaitu perempuan, berusia rata-rata 21 tahun berprofesi sebagai mahasiswa S1 dengan pengeluaran rata-rata Rp 2.756.000 perbulan dan berasal dari Jawa Barat/DKI Jakarta. Responden menilai informasi pada media sosial tersebut jelas dan lengkap. Penggunaan media sosial sangat efektif pada tahap interest dan desire. Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas promosi pada tahap interest adalah tingkat pendapatan dan kelengkapan informasi, pada tahap desire adalah kejelasan informasi dan daya tarik, dan pada tahap action adalah tingkat pendapatan dan kelengkapan informasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95303
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File SizeFormat 
I18wfo.pdf
  Restricted Access
26.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.