Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94778
Title: Strategi Bisnis pada PT Sayuran Siap Saji Bogor
Authors: Suprehatin
Octaviana, Richa
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: PT Sayuran Siap Saji adalah perusahaan pemasok sayuran untuk restoran. Perusahaan ini mampu bertahan dan menjadi market leader dalam industri pemasok sayuran di Jabodetabek. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan volume penjualan yang cukup signifikan, yakni sekitar 7,5 persen per tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor eksternal maupun internal serta merumuskan strategi bisnis PT Sayuran Siap Saji. Penelitian dilakukan pada Mei 2018 dan informasi diperoleh dari manajer . Metode analisis data yang digunakan adalah IE, SWOT, dan QSPM. Analisis internal perusahaan menunjukkan bahwa kekuatan perusahaan yaitu jaringan kemitraan dengan petani dan kelemahan yaitu biaya produksi tinggi, lingkungan eksternal perusahaan menunjukkan peluang utama yaitu tren gaya hidup konsumen, ancaman utama yaitu cuaca dan iklim yang tidak menentu. Analisis matriks IE menunjukkan PT Sayuran Siap Saji berada pada kuadran I yaitu pada tahap tumbuh dan kembangkan. Analisis matriks SWOT menunjukkan terdapat empat alternatif strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Analisis QSPM diperoleh strategi tertinggi adalah melakukan efisiensi produksi dan melakukan kerja sama dengan tenaga ahli.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94778
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18roc.pdf
  Restricted Access
21.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.