Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94766
Title: Pengaruh Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise Manchester United
Authors: Munandar, Jono M.
Aji, Pebrianto Ramdhani
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Manchester United merupakan klub sepakbola dengan pendapatan tertinggi di dunia. Pendapatan yang tinggi dari Manchester United diduga disebabkan oleh fanatisme para suporternya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik suporter Manchester United di Indonesia serta menganalisis apakah faktor fanatisme suporter berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk merchandise Manchester United. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menetapkan suporter Manchester United di Indonesia sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer (kuesioner) dan data sekunder (studi literatur). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model persamaan struktural. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sebagian besar faktor fanatisme suporter yaitu zeal (semangat), pengultusan, loyalitas dan konsumsi untuk kepuasan diri sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise Manchester United.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94766
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18pra.pdf
  Restricted Access
21.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.