Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94429
Title: Identifikasi Cepat Segmentasi Konsumen Susu Cair dalam Kemasan.
Authors: Sartono, Bagus
Syafitri, Utami Dyah
Hijryani, Fadhila
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Segmentasi konsumen adalah proses pengelompokan konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan kemiripan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing konsumen. Segmentasi konsumen memungkinkan perusahaan untuk memahami karakteristik konsumen pada masing-masing segmen sehingga memudahkan perusahaan membangun strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik masing-masing segmen. Strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan cenderung menggunakan skema segmentasi konsumen yang didasarkan pada demografi dan perilaku konsumen sehingga memudahkan perusahaan untuk mengidentifikasi konsumen melalui karakteristik yang mudah diukur. Segmentasi dilakukan dengan menggunakan metode K-means dan peubah yang menjadi dasar segmentasi yaitu pola gaya hidup dari 419 konsumen susu cair dalam kemasan yang menjadi responden. Selain itu, klasifikasi dilakukan dengan menggunakan analisis pohon keputusan untuk mengklasifikasikan karakteristik konsumen baru. Banyaknya segmen (K) ideal yang terbentuk yaitu 4 segmen berdasarkan perubahan indeks Hartigan terbesar yaitu sebesar 26.2433. Hasil pemodelan klasifikasi menggunakan metode CART menghasilkan akurasi sebesar 54.61% setelah dilakukan tahap pemangkasan pohon.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94429
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G18fhi.pdf
  Restricted Access
12.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.