Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93025
Title: Analisis Pemasaran Cabai Rawit Hijau (Capsicum frutescens) di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur,
Authors: Asmarantaka, Ratna Winandi
Napitupulu, Darrin Christy Kusumaningrum
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Cabai rawit hijau merupakan salah satu dari komoditas hortikultura yang sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia dan memberikan rasa pedas yang khas. Harga cabai rawit di pasaran cenderung fluktuatif dan menghasilkan marjin pemasaran yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran, dan rekomendasi saluran pemasaran yang relatif efisien. Hasil penelitian menyatakan terdapat empat saluran pemasaran yang terbentuk dengan tujuan pasar yang berbeda. Saluran I, II, dan III, memiliki tujuan pasar daerah Bogor dan saluran IV memiliki tujuan pasar lokal. Berdasarkan perbedaan lokasi ini, saluran yang dapat dibandingkan (ekivalen) adalah saluran I, II, dan III sedangkan saluran IV tidak dapat dibandingkan karena adanya perbedaan biaya yang dikeluarkan lembaga pemasaran akibat perbedaan lokasi. Berdasarkan analisis pada saluran yang ekivalen, saluran pemasaran yang relatif efisien adalah saluran II dengan marjin pemasaran Rp11 611.11/kg, farmer’s share 63.13 persen, dan rasio π/C 1.95. Indikator yang digunakan untuk menentukan saluran yang relatif efisien adalah marjin pemasaran, rasio keuntungan terhadap biaya, daya serap komoditas, fungsi-fungsi pemasaran,dan perilaku antar lembaga pemasaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93025
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H18dck.pdf
  Restricted Access
27.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.