Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92320
Title: Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group
Authors: Noorachmat, Bambang Pramudya
Syamsun, Muhammad
Setiyorini, Eviet Sri
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perusahaan cenderung bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dalam usaha sejenis dalam dunia bisnis. Hal ini menuntut UMKM untuk memiliki strategi menarik konsumen agar beralih ke produknya, sehingga mampu mengatasi berbagai kelemahan untuk bersaing dan tidak jatuh tertindas oleh kompetitor. Salah satu strategi yang dapat dipilih adalah mengevaluasi dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Cindy Group sebagai UMKM yang memproduksi pindang tradisional dan higienis, telah mendapatkan penghargaan SNI Award 2016 yang di selenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), untuk kategori Organisasi Menengah Barang Sektor Pangan, Pertanian dan Kesehatan. Prestasi tersebut menjadikan pemasaran pindang ikan higienis yang belum tersentuh menjadi permasalahan tersendiri, mengingat di daerah lain seperti Semarang dan Surabaya, pindang telah di branding menjadi salah satu oleh-oleh khas daerah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran Cindy Group, 2) merumuskan strategi pemasaran Cindy Group, dan 3) menyusun prioritas strategi pemasaran Cindy Group. Berdasarkan faktor internal yang dimiliki dan faktor eksternal yang dihadapi Cindy Group, dirumuskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamanterhadap strategi pemasaran menggunakan matriks IFE dan EFE. Skor total yang terdapat pada matriks IFE dan EFE menggambarkan posisi perusahaan stabil dalam merespons situasi eksternal. Total skor matriks IFE sebesar 3,1591, menunjukkan bahwa dengan kekuatan yang dimiliki,Cindy Group dapat mengatasi kelemahan dengan sangat baik. Total skor matriks EFE sebesar 2,4538, menunjukkan bahwa Cindy Group cukup baik dalam merespon peluang dan meminimalisasi ancaman. Posisi perusahaan Cindy Group berdasarkan matriks IE berada pada sel IV, sehingga strategi yang paling cocok diterapkan adalah strategi grow dan build, yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk Hasil analisis SWOT diperoleh alternatif strategi pemasaran produk olahan hasil perikanan yang dapat diterapkan oleh Cindy Group, yang terdiri dari: Strategi SO dengan mempertahankan mutu, meningkatkan pelayanan penjualan, memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan penggunaan teknologi; Strategi WO dengan meningkatkan kegiatan promosi lokal, meningkatkan akses pasar dan membentuk unit pemasaran khusus; Strategi ST dengan bergabung dengan asosiasi untuk menjalin hubungan baik dan melakukan audiensi dengan instansi terkait; serta Strategi WT dengan menetapkan strategi harga pasar dan meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait dan koperasi/UKM lainnya guna mendapatkan akses bahan baku. Berdasarkan analisis matriks QSPM, diperoleh strategi prioritas untuk diterapkan dalam pemasaran produk olahan hasil perikanan pada UMKM Cindy Group yaitu memperluas jaringan pemasaran, mempertahankan mutu dan meningkatkan pelayanan penjualan serta meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait dan koperasi/UKM lainnya guna mendapatkan akses bahan baku.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92320
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2018ess.pdf
  Restricted Access
20.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.