Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91588
Title: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli pada Produk Makanan Olahan Halal (Studi Kasus di Kota/Kabupaten Bogor).
Authors: Munandar, Jono Mintarto
Syamsun, Muhammad
Nurhasanah, Saniatun
Issue Date: 2018
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan produk halal di Indonesia. Kesadaran untuk mengkonsumsi produk halal menjadi potensi pasar yang besar bagi produsen untuk memproduksi produk halal mereka. Saat ini, halal tidak hanya murni soal agama, tapi juga soal bisnis dan perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelanggan dalam membeli pada makanan olahan halal. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 109 responden yang merupakan pelanggan supermarket dan minimarket di Kota/Kabupaten Bogor, Indonesia. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode Structural Eqiation Modeling Partial Lease Square (SEM-PLS). Penelitian ini menggunakan citra merek, persepsi kualitas, persepsi nilai, sertifikasi halal, alasan kesehatan, kesadaran halal, dan pemasaran halal sebagai faktor yang mempengaruhi niat pembelian halal pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran halal, alasan kesehatan, dan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Pemasaran halal juga menunjukkan efek positif dan signifikan terhadap niat beli. Sedangkan pemasaran halal menunjukkan efek negatif dan signifikan terhadap niat beli. Keamanan pangan, sertifikasi halal, citra merek, dan kualitas yang dirasakan menunjukkan efek yang sama yang tidak berpengaruh langsung pada niat beli. Selanjutnya, keamanan pangan berpengaruh tidak langsung terhadap niat beli melalui alasan kesehatan. Sertifikasi halal memiliki efek tidak langsung terhadap niat beli melalui variabel citra merek. Sedangkan citra merek dan persepsi kualitas memiliki pengaruh tidak langsung melalui persepsi nilai variable terhadap minat beli.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91588
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2018snu.pdf
  Restricted Access
17.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.