Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91537Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Muljono, Pudji | - |
| dc.contributor.advisor | Sitanggang, Imas Sukaesih | - |
| dc.contributor.author | Rachmawati | - |
| dc.date.accessioned | 2018-04-18T07:54:57Z | - |
| dc.date.available | 2018-04-18T07:54:57Z | - |
| dc.date.issued | 2018 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91537 | - |
| dc.description.abstract | Literasi informasi merupakan keterampilan yang diperlukan dalam pembelajaran abad 21. Menyadari hal ini, beberapa pustakawan sekolah mulai menerapkan program literasi informasi di perpustakaan sekolahnya. Penerapan program literasi informasi juga telah dijadikan standar perpustakaan sekolah oleh Perpustakaan Nasional RI. Sebagaimana halnya sebuah program kerja, program literasi informasi perlu dievaluasi. Salah satu metode untuk mengevaluasi penerapan program literasi informasi di perpustakaan sekolah adalah melalui asesmen kompetensi literasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun standar literasi informasi untuk siswa sekolah di Indonesia dan merancang sistem asesmen literasi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah teknik Delphi. Pengumpulan data dilakukan melaui kuesioner dengan dua iterasi. Panelis penelitian ini terdiri dari 9 orang ahli yang merupakan pustakawan sekolah sebanyak 3 orang, guru/dosen sebanyak 2 orang dan peneliti literasi informasi sebanyak 4 orang. Penelitian ini berhasil merumuskan standar literasi informasi yang terdiri dari 6 standar, yaitu perumusan kebutuhan informasi, akses terhadap informasi, pengorganisasian informasi, etika penggunaan informasi, penyampaian informasi dan kompentensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan 38 indikator. Standar dan indikator ini kemudian dijadikan dasar untuk menyusun butir asesmen literasi informasi. Butir asesmen terdiri dari 25 soal yang dikelompokkan dalam 5 kategori, yaitu perumusan kebutuhan informasi, akses informasi, organisasi informasi, etika penggunaan informasi dan kompetensi penyampaian informasi serta penggunaan Teknologi Inormasi dan Komunikasi. Perancangan sistem asesmen literasi informasi mengacu pada kebutuhan fungsi utama sistem yaitu untuk melakukan asesmen atas kompetensi literasi informasi siswa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan beberapa fungsi sistem, yaitu 1) login, 2) kelola user, 3) kelola butir asesmen, 4) kelola siswa, 5) kelola sesi asesmen, 6) pengolahan hasil asesmen dan 8) laporan hasil asesmen. Perancangan sistem dilakukan sampai pada tahap perancangan logis dengan membuat model yang terdiri dari Diagram Alir Proses Asesmen Literasi Informasi, Diagram Alur Data dan Entity-Relationship Diagram. | id |
| dc.language.iso | id | id |
| dc.publisher | Bogor Agricultural University (IPB) | id |
| dc.subject.ddc | Library | id |
| dc.subject.ddc | Information literacy | id |
| dc.subject.ddc | 2016 | id |
| dc.subject.ddc | Bogor-JABAR | id |
| dc.title | Perancangan Sistem Asesmen Literasi Informasi | id |
| dc.type | Thesis | id |
| dc.subject.keyword | asesmen literasi informasi | id |
| dc.subject.keyword | perancangan sistem | id |
| dc.subject.keyword | standar kompetensi | id |
| Appears in Collections: | MT - Professional Master | |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| 2018rac.pdf Restricted Access | 19.61 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.