Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91350
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuryahadi-
dc.contributor.advisorSyarief, Rizal-
dc.contributor.authorJamarizal-
dc.date.accessioned2018-04-18T05:11:08Z-
dc.date.available2018-04-18T05:11:08Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91350-
dc.description.abstractUsaha peternakan ayam ras tidak terlepas dari beberapa kendala yang dihadapi. Kendala tersebut merupakan hambatan yang cukup kompleks dalam mengusahakan peternakan ayam ras. Kendala yang dimaksud adalah tingginya tingkat risiko yang dihadapi seperti risiko fluktuasi harga, baik harga-harga input seperti Day Old Chick (DOC), pakan dan obat-obatan maupun fluktuasi harga jual output berupa ayam hidup (livebird) dan karkas. Risiko lain yang dihadapi dalam usaha ternak ayam ras adalah risiko produksi yang disebabkan oleh cuaca, iklim, penyakit dan risiko sosial. Salah satu perusahaan pembibitan ayam ras yang bertahan di Indonesia adalah CV. Missouri yang merupakan perusahaan keluarga. Perusahaan ini memiliki beberapa unit usaha di dalamnya yang terintegrasi, yaitu mulai dari unit produksi DOC Parent Stock (PS), Final Stock (FS) dan unit produksi pakan ternak (feedmill). Selain itu, perusahaan ini juga memiliki unit penetasan telur ayam dan pengembangan Grand Parent Stock (GPS) dan Parent Stock (PS). Berdasarkan temuan lapangan, perusahaan ini memiliki strategi pemasaran yang kuat dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat bertahan dalam persaingan pasar perunggasan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor-faktor yang dihadapi oleh CV. Missouri dalam pemasaran DOC ayam ras pedaging, (2) menguraikan strategi yang ditempuh oleh CV. Missouri untuk mengatasi faktorfaktor dalam pemasaran DOC ayam ras pedaging dan (3) menentukan bentuk alternatif strategi pemasaran yang dikembangkan oleh CV. Missouri dalam memasarkan DOC ayam ras pedaging. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian dilakukan di CV. Missouri yang beralamat di Jalan Malabar No. 53 Bandung dan breeding farm CV. Missouri di Sumedang, Jawa Barat. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui pustaka, dokumen dan laporan dari instansi terkait. Pada penelitian ini, data dianalisa dengan menggunakan analisis: (a) deskriptif; (b) analisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation); (c) matrik IE (Internal External) untuk melakukan pemetaan terhadap skor total matriks IFE dan EFE; (d) analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis guna merumuskan strategi perusahaan dan (e) QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menetapkan ketertarikan relatif (relative attractiveness) dari strategi-strategi yang bervariasi yang telah dipilih dan untuk menetapkan strategi yang dianggap paling baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan faktor-faktor yang dihadapi oleh CV. Missouri dalam pemasaran DOC ayam ras pedaging adalah (1) faktor internal terdiri dari produksi DOC, sistem keuangan, ruangan produksi, sistem pemasaran, fasilitas produksi, sistem manajemen, sistem informasi dan kebijakan pemerintah tentang ayam ras; dan (2) faktor eksternal terdiri dari penerapan teknologi, daya tawar pembeli, kebutuhan DOC di masyarakat, kondisi demografi iii penyaluran DOC, kondisi ekonomi masyarakat, persaingan antar perusahaan sejenis, pendatang perusahaan sejenis dan kondisi politik saat ini. Hasil penjumlahan skor total pada matriks IFE dan EFE didapatkan nilai masing-masing 2.69 dan 2.70 dengan posisi strategis perusahaan didalam matrik IE berada pada kuadran V. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki strategi pertumbuhan dan stabilitas yang baik. Strategi pertumbuhan dirancang untuk mencapai kondisi pertumbuhan penjualan, pertumbuhan keuntungan dan pertumbuhan aset. Usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan penetrasi pasar dan pengembangan usaha. Selanjutnya, CV. Missouri mengandalkan pada formulasi strateginya berupa meningkatkan pemasaran dan pelayanan, mengembangkan kegiatan usaha yang bertujuan untuk mempertahankan usaha sehingga terhindar dari kehilangan penjualan dan keuntungan. Lebih lanjutnya, berdasarkan hasil SWOT diperoleh strategi pemasaran CV. Missouri, yaitu (a) memperluas jaringan pemasaran yang optimal, (b) menciptakan DOC yang lebih baik dengan meningkatkan produktifitas, (c) memperkuat permodalan agar dapat bersaing dengan kompetitor, (d) meningkatkan volume penjualan dengan meningkatkan efektifitas pemasaran, (e) memanfaatkan sistem informasi dalam meningkatkan penjualan, (f) memanfaatkan kebijakan pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, (g) mempertahankan dan menjaga mutu produk yang dihasilkan, (h) meningkatkan pelayanan dan loyalitas pelanggan, (i) konsisten mempertahankan produktivitas untuk diterima pasar, (j) meningkatkan teknologi produksi dan mutu produk, (k) memperbaiki mutu SDM dan (l) meningkatkan kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk kemitraan. Berdasarkan hasil perhitungan dalam matrik QSP, diperoleh beberapa strategi yang paling tepat diimplementasikan. Strategi pertama adalah mempertahankan dan menjaga mutu produk yang dihasilkan, dengan memfokuskan strategi pada (a) jaminan mutu DOC sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia), (b) DOC setting by order (penjualan DOC PS dan FS dilakukan berdasarkan pemesanan), (c) melakukan afkir induk lebih cepat, (d) mengadakan pelatihan guna mengembangkan wawasan karyawan tentang mutu produk. Strategi yang kedua adalah meningkatkan pelayanan dan loyalitas terhadap pelanggan dengan memfokuskan strategi pada upaya (a) menjaga loyalitas terhadap pelanggan, (b) melakukan kontrak penjualan DOC (membuat kontrak penjualan DOC untuk satu tahun dengan harga pokok produksi), (c) melayani penjualan DOC kepada pelanggan secara langsung ke Poultry Shop CV. Missouri. Strategi yang ketiga adalah menambah permodalan agar dapat bersaing dengan kompetitor, dengan memfokuskan strategi pada upaya perluasan perusahaan dengan dana yang masih tersedia, sehingga memperkuat prospek perusahaan ke depan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcSmall Scale Industryid
dc.subject.ddcIndustrial Enterprisesid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcBandung, Jawa Baratid
dc.titleStrategi Pemasaran DOC Ayam Ras Pedaging pada CV. Missouri, Bandung Jawa Baratid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordstrategi pemasaranid
dc.subject.keywordayam rasid
dc.subject.keywordDOCid
dc.subject.keywordGPSid
dc.subject.keywordPSid
dc.subject.keywordFSid
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017jam.pdf
  Restricted Access
24.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.