Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91271
Title: Strategi Alokasi Belanja Pemerintah Daerah untuk Meningkatkan Indeks Pendidikan di Provinsi Banten
Authors: Falatehan, Faroby
Wahyuni, Ekawati Sri
MIzan, Abdullah Al
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pembangunan manusia yang diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dibentuk dari tiga komponen yakni indeks kesehatan, indeks pendidikan, dan indeks pengeluaran. Sebagai provinsi termuda di Pulau Jawa yang juga merupakan penyangga Ibukota Negara, IPM Banten Tahun 2016 menduduki peringkat 8 terbesar di Indonesia Namun demikian, indeks pendidikan yang merupakan rataan dari Indeks Harapan Lama Sekolah dan Indeks Rata-rata Lama Sekolah memiliki nilai yang paling rendah di antara komponen lainnya, padahal pendidikan merupakan salah satu modal yang sangat penting bagi seseorang untuk menuju kesejahteraan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi pendidikan di Provinsi Banten, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap indeks pendidikan di Provinsi Banten, dan merumuskan strategi atau program untuk meningkatkan indeks pendidikan di Provinsi Banten. Penelitian dilakukan di Provinsi Banten dengan menggunakan data tahun 2010 hingga tahun 2016. Data sekunder berasal dari Dinas Pendidikan, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK 2016) Kementerian Keuangan maupun instansi terkait lainnya. Sedangkan data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap pihak pemerintah daerah yaitu Dinas Pendidikan, BPKAD, dan Bappeda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif, analisis regresi data panel, analisis SWOT, dan QSPM. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran kondisi pendidikan di Banten. Indeks Pendidikan Provinsi Banten selalu meningkat dari tahun ke tahun, meskipun terdapat beberapa indikator pendidikan lainnya yang masih belum mencapai angka standar. Sedangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap indeks pendidikan di Provinsi Banten digunakan regresi data panel fixed effect model. Dari analisis tersebut didapat hasil bahwa pendapatan perkapita, Angka Partisipasi Sekolah (APS) tingkat SMA, Jumlah SMA, dan Rasio Murid per Guru (RMG) tingkat SMA, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks pendidikan di Provinsi Banten. Sementara itu berdasarkan hasil wawancara kepada responden kunci, melalui teknik SWOT diperoleh strategi yang mampu meningkatkan indeks pendidikan di antaranya: 1. pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota serta kemitraan dengan pihak swasta; 2. penyempurnaan kebijakan dan peningkatan alokasi penciptaan lapangan kerja padat karya; 5. sosialisasi program pendidikan dasar dan menengah; dan 6. pembangunan data center dan jaringan TIK (internet) ke desa-desa. Keenam strategi tersebut kemudian disebarkan ke beberapa orang expert terkait untuk memperoleh strategi prioritas. Melalui analisis QSPM didapat anggaran di bidang pendidikan; 3. peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan; 4. peningkatan strategi, kerjasama dan hubungan kelembagaan antara pemerintah hasil bahwa untuk meningkatkan Indeks Pendidikan di Provinsi Banten bisa dilakukan dengan menggunakan strategi prioritas melalui penyempurnaan kebijakan dan peningkatan alokasi anggaran di bidang pendidikan, di antaranya dengan cara: peningkatan alokasi belanja pendidikan dalam APBD secara proporsional dan bertanggung jawab; pembangunan dan revitalisasi sarana dan prasarana pendidikan; peningkatan dan pemerataan kuantitas, kualitas dan distribusi sumber daya manusia di bidang. pendidikan; serta pemberian subsidi biaya pendidikan dasar dan menengah.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91271
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017 aam.pdf
  Restricted Access
31.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.