Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90210
Title: Analisis Pemasaran Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta
Authors: Asmarantaka, Ratna Winandi
Ubaidah, Sabila Dina
Issue Date: 2017
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Ikan mas merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai potensi cukup baik dilihat dari meningkatnya produksi ikan mas dengan melebihi target produksi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemasaran ikan mas melalui pendekatan saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan lembaga pemasaran yang terlibat. Serta menganalisis efisiensi operasional ikan mas berdasarkan marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Survei yang dilakukan kepada pembudidaya ikan mas di Kecamatan Jatiluhur menggunakan metode purposive sampling, sedangkan metode snowball sampling digunakan kepada lembaga pemasaran yang terlibat. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat 6 saluran pemasaran. Saluran yang relatif efisien yaitu saluran 2 dengan nilai marjin pemasaran Rp8 553 per kilogram, nilai farmer’s share sebesar 71.49 persen, dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya 2.32.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90210
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17sdu.pdf
  Restricted Access
17.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.