Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90202
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAsmarantaka, Ratna Winandi-
dc.contributor.authorWuisan, Rebecca Haelyn-
dc.date.accessioned2018-02-01T04:56:56Z-
dc.date.available2018-02-01T04:56:56Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90202-
dc.description.abstractE-commerce memanfaatkan peranan teknologi informasi yang berkembang cepat, di Indonesia. Penelitian ini menganalisis efisiensi pemasaran dari dua komoditas agribisnis yaitu cabai merah dan bawang merah melalui platform penjualan online serta menganalisis efisiensi pemasaran platform e-commerce melalui pendekatan perbandingan dengan pemasaran non e-commerce. Penelitian ini dilakukan pada platform e-commerce sikumis dan limakilo. Penilaian konsumen terhadap tingkat kepuasan berbelanja bawang merah dan cabai merah platform e-commerce sikumis sebesar 80,73 persen dan platform e-commerce sikumis sebesar 79,99 persen. Volume penjualan petani mitra, limakilo menyerap rata-rata seperemepat dari hasil panen yang terstandarisasi yang dijual secara online, sedangkan melalui non e-commerce petani dapat memasarkan hingga keseluhuhan produk bahkan sebelum panen berlangsung. Total biaya transaksi pemasaran bawang merah limakilo persatuan musim (dua bulan) sebesar Rp. 19.353.717. Persentase biaya transaksi pemasaran bawang merah limakilo terhadap total biaya yang dikeluarkan selama kegiatan pemasaran sebesar 22,4 persen, biaya transaksi pemasaran e-commerce limakilo meliputi biaya operasional dan biaya pencarian informasi. Nilai R/C rasio penjualan yaitu sebesar 1,13 per volume penjualan bawang merah dan cabai merah, menandakan platform limakilo pemasaran efisien.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcAgribusinesid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcJABODETABEKid
dc.titleAnalisis Penggunaan E-commerce Agibisnis pada Pemasaran Bawang Merah dan Cabai Merah (Studi Kasus Platform E-commerce Sikumis dan Limakilo).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordPlatform E-commerceid
dc.subject.keywordEfisiensi Pemasaranid
dc.subject.keywordLimakiloid
dc.subject.keywordSikumisid
dc.subject.keywordPemasaran Onlineid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17rhw.pdf
  Restricted Access
27.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.